Tugas Sistem Informasi Manajemen Pertemuan Ke-11
Assalamu'alaikum Sahabat Blogger :)
Untuk postingan keempat saya ini, saya ingin berbagi pengetahuan singkat tentang jawaban dari beberapa pertanyaan terkait E-Commerce Pasar Digital, Barang Digital.
Dan tujuan saya membahas materi ini adalah sebagai tugas pelengkap dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Pertemuan Ke-11.
Untuk itu, saya ingin memperkenalkan diri saya lebih lanjut
Nama : Rafita Hesti Mubarok
NIM : 1732510134
Kelompok : MA
Program Studi : Akuntansi
Fakultas : Ekonomi dan Bisnis
Kampus : Universitas Budi Luhur
Dan berikut ini jawaban dari beberapa pertanyaan untuk Pertemuan Ke-11 dalam mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM).
1. Sebutkan dan jelaskan delapan fitur unik dari internet dan web sebagai media komersial
Jawaban :
Delapan fitur unik dari Internet dan Web sebagai media komersial, antara lain yaitu :
1) Ubiquity
Maksud
dari ubiquity yaitu e-commerce yang ada dimana-mana yang
menggunakan teknologi internet dan web sehingga dapat diakses dimana saja yang
efeknya itu marketplace dihapus dari
temporal, maka lokasi yang geografis dapat menjadi "marketspace”, dan kenyamanan pelanggan ditingkatkan dan biaya
belanja dikurangi.
2) Global
Reach
Maksud
dari global reach yaitu memungkinkan e-commerce untuk berkembang dan mendunia
sehingga transaksi jual beli dapat dilakukan oleh penjual dan pembeli di berbagai
negara yang efeknya itu dapat diaktifkan melintasi batas-batas budaya dan
nasional secara mulus tanpa modifikasi, dan marketspace
dapat berpotensi, miliaran konsumen dan jutaan bisnis di seluruh dunia.
3) Universal
Standart
Maksud
dari universal standart yaitu sistem komputer
yang berbeda yang dimana mudah untuk berkomunikasi satu sama lain dengan masuk
ke berbagai kelas pasar dari pasar lebih rendah hingga pasar yang tinggi dan konsumen
yang lebih rendah dapat menggunakan pencarian biaya usaha yang diperlukan untuk
menemukan produk yang cocok.
4) Richness
Maksud
dari richness yaitu fitur yang dapat
mendukung untuk menyampaikan pesan audio, video dan teks kepada konsumen yang
dimana video, audio, dan pemasaran pesan teks dapat diintegrasikan ke dalam pesan
pemasaran tunggal dan pengalaman konsumen.
5) Interactivity
Maksud
dari interactivity yaitu adanya interaksi
antara penjual dan pembeli dengan mudah yang dimana konsumen terlibat dalam
dialog yang dinamis menyesuaikan pengalaman untuk individu dan konsumen menjadi
peserta dalam proses pengiriman barang ke pasar.
6) Information
Density
Maksud
dari information density yaitu kepadatan
dalam peningkatan informasi secara besar yang dimana jumlah dan kualitas
informasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar dan efeknya itu transparansi
harga yang lebih besar, transparansi biaya yang lebih besar, dan memungkinkan
pedagang untuk terlibat dalam diskriminasi harga.
7) Personalization
/ Customization
Maksud
dari personalization / customization yaitu
memungkinkan adanya modifikasi pesan dan barang dimana pesan tersebut dapat
dikirim kepada individu maupun kelompok dan produk serta jasa dapat disesuaikan
dengan preferensi individu.
8) Social
Technology
Maksud
dari social technology yaitu dapat
mempromosikan barang atau produk kepada pengguna generasi konten serta jaringan
sosial dengan memanfaatkan teknologi dan dapat memungkinkan pembuatan konten
pengguna serta distribusi dalam dukungan jaringan sosial.
2. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis utama e-commerce
Jawaban :
Tiga jenis utama e-commerce, antara lain yaitu :
Tiga jenis utama e-commerce, antara lain yaitu :
1) Business-to-Consumer (B2C)
Business-to-Consumer (B2C), adalah perdagangan elektronik yang
melibatkan penjualan retail produk dan jasa kepada konsumen individu. Contohnya
yaitu BarnesandNoble.com, adalah website yang menjual buku, software, dan music
kepada konsumen individu.
2) Business-to-Business (B2B)
Business-to-Business (B2B), adalah perdagangan elektronik yang
melibatkan penjualan barang dan jasa antara pebisnis. Contohnya yaitu
ChemConnect’s adalah website untuk membeli dan menjual bahan kimia dan plastik.
3) Consumer-to-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer (C2C), adalah perdagangan elektronik yang
melibatkan penjualan konsumen secara langsung kepada konsumen. Contohnya yaitu
eBay adalah website pelelangan terbesar, memungkinkan orang-orang untuk menjual
barang mereka kepada konsumen dengan melelang barang dagang mereka kepada
penawar tertinggi atau untuk harga yang pas.
3. Sebutkan model bisnis e-commerce
Jawaban :
Model bisnis E-Commerce, antara lain yaitu :
Model bisnis E-Commerce, antara lain yaitu :
1) E-tailer
E-tailer, adalah menjual produk secara langsung kepada
konsumen atau pebisnis individu atau merupakan toko penjualan retailer online
yang datang dari berbagai ukuran, mulai dari retailer terbesar amazone hingga
retailer lokal kecil yang memiliki website yang dimana pelanggan hanya perlu
terhubung ke internet untuk melihat barang dagang mereka dan tempat pemesanan.
Contohnya yaitu Amazone, dan RedEnvelope.com.
2) Transaction Broker (Broker Transaksi)
Transaction broker (broker transaksi), adalah menghemat uang dan
waktu dengan memproses transaksi penjualan online dan mengambil keuntungan
komisi setiap kali transaksi terjadi. Contohnya yaitu Etrade.com, dan Expedia.
3) Market Creator (Pencipta Pasar)
Market creator (pencipta pasar), adalah menyediakan lingkungan
digital dimana pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk, menampilkan
produk, dan menentukan harga produk yang juga dapat melayani konsumen atau
penjualan electronik B2B, dan mengambil keuntungan dari komisi transaksi.
Contohnya yaitu eBay, dan Priceline.com.
4) Content Provider (Penyedia Konten)
Content provider (penyedia konten), adalah membuat
keuntungan dengan menyediakan konten digital, seperti berita, music, foto, atau
video melalui web yang dimana pelanggan membayar untuk dapat mengakses konten,
atau keuntungan mungkin dihasilkan dari penjualan tempat iklan. Contohnya yaitu
iTunes.com, Games.com, WSJ.com, dan GettyImages.com.
5) Community Provider
Community provider, adalah menyediakan tempat pertemuan
online dimana orang-orang dengan minat yang sama dapat berkomunikasi dan
menemukan informasi yang berguna. Contohnya yaitu Facebook, Google+, iVillage, dan
Twitter.
6) Portal (Pintu Gerbang)
Portal merupakan point awal (gateway) untuk memasuki web
serta dengan konten khusus dan layanan lainnya, dan sering digambarkan sebagai
situs dimana pengguna memakainya sebagai home page. Contohnya yaitu Google, Bing, dan Yahoo.
7) Service Provider (Penyedia Layanan)
Service provider (penyedia layanan), adalah menyediakan
aplikasi web 2.0 seperti sharing foto, sharing video, dan keuntungan pengguna
konten sebagai layanan dam juga menyediakan layanan lain seperti penyimpanan
data online dan data backup. Contohnya yaitu Google Apps, Photobucket.com, dan Dropbox.
4. Sebutkan model pendapatan e-commerce
Jawaban :
Model Pendapatan E-Commerce, antara lain yaitu :
Model Pendapatan E-Commerce, antara lain yaitu :
1) Advertising Revenue Model (Periklanan)
Dalam
model advertising revenue
(periklanan), website mendapatkan keuntungan dengan menarik audience yang besar
dari pengunjung yang kemudian dapat membuka iklan. Contohnya yaitu Yahoo.
2) Sales Revenue Model (Penjualan)
Dalam
model sales revenue (penjualan), perusahaan
memperoleh keuntungan dengan menjual barang, informasi, atau layanan kepada
konsumen. Contohnya yaitu Amazon, iTunes Store, dan Hulu.com.
3) Subscription Revenue Model
Dalam
model subscription revenue, website
yang menawarkan konten atau biaya langganan layanan untuk mengakses beberapa
atau semua dari konten yang ditawarkan secara terus menerus. Contohnya yaitu
Match.com, Microsoft’s Xboxlive, dan Pandora.com.
4) Free / Freemium Revenue Model
Dalam
model free / freemium revenue, perusahaan
meyediakan dasar layanan atau konten secara gratis, sementara mengenakan biaya
premium untuk mempercepat proses fitur atau untuk mengakses fitur khusus.
Contohnya yaitu Flckrs.
5) Transaction Fee Revenue Model (Biaya Transaksi)
Dalam
model transaction fee revenue (biaya
transaksi), perusahaan menerima komisi untuk memungkinkan pengguna melaksanakan
transaksi. Contohnya yaitu eBay, dan E-Trade.
6) Affiliate Revenue Model (Pergabungan / jadi member)
Dalam model Affiliate
Revenue (Pergabungan / jadi member), website yang mengirim pengunjung ke
website lain dengan memperoleh keuntungan dari penyerahan komisi atau persentase
keuntungan dari berbagai hasil penjualan. Contohnya yaitu MyPoints.
Artikel Terkait :
E-Commerce Business and Technology
Sekian pengetahuan yang dapat saya berikan dan mohon maaf jika masih terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam blog saya ini, saya harap sahabat bisa memakluminya ya ehehehe.
Dan terima kasih sahabat atas kunjungannya di blog saya, semoga bermanfaat !
Wassalamu'alaikum Wr. Wb :)
Dan terima kasih sahabat atas kunjungannya di blog saya, semoga bermanfaat !
Wassalamu'alaikum Wr. Wb :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar