Selasa, 14 Mei 2019

E-Commerce Pasar Digital, Barang Digital

Tugas Sistem Informasi Manajemen Pertemuan Ke-11


Assalamu'alaikum Sahabat Blogger :)

Untuk postingan keempat saya ini, saya ingin berbagi pengetahuan singkat tentang jawaban dari beberapa pertanyaan terkait E-Commerce Pasar Digital, Barang Digital.

Dan tujuan saya membahas materi ini adalah sebagai tugas pelengkap dari mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM) dalam Pertemuan Ke-11.

Untuk itu, saya ingin memperkenalkan diri saya lebih lanjut

Nama                    : Rafita Hesti Mubarok
NIM                      : 1732510134
Kelompok             : MA
Program Studi      : Akuntansi
Fakultas                : Ekonomi dan Bisnis
Kampus                : Universitas Budi Luhur

Dan berikut ini jawaban dari beberapa pertanyaan untuk Pertemuan Ke-11 dalam mata kuliah Sistem Informasi Manajemen (SIM).

1. Sebutkan dan jelaskan delapan fitur unik dari internet dan web sebagai media komersial
Jawaban :

Delapan fitur unik dari Internet dan Web sebagai media komersial, antara lain yaitu :
1)  Ubiquity
Maksud dari ubiquity yaitu e-commerce yang ada dimana-mana yang menggunakan teknologi internet dan web sehingga dapat diakses dimana saja yang efeknya itu marketplace dihapus dari temporal, maka lokasi yang geografis dapat menjadi "marketspace”, dan kenyamanan pelanggan ditingkatkan dan biaya belanja dikurangi.
2)  Global Reach
Maksud dari global reach yaitu memungkinkan e-commerce untuk berkembang dan mendunia sehingga transaksi jual beli dapat dilakukan oleh penjual dan pembeli di berbagai negara yang efeknya itu dapat diaktifkan melintasi batas-batas budaya dan nasional secara mulus tanpa modifikasi, dan marketspace dapat berpotensi, miliaran konsumen dan jutaan bisnis di seluruh dunia.
3) Universal Standart
Maksud dari universal standart yaitu sistem komputer yang berbeda yang dimana mudah untuk berkomunikasi satu sama lain dengan masuk ke berbagai kelas pasar dari pasar lebih rendah hingga pasar yang tinggi dan konsumen yang lebih rendah dapat menggunakan pencarian biaya usaha yang diperlukan untuk menemukan produk yang cocok.
4)  Richness
Maksud dari richness yaitu fitur yang dapat mendukung untuk menyampaikan pesan audio, video dan teks kepada konsumen yang dimana video, audio, dan pemasaran pesan teks dapat diintegrasikan ke dalam pesan pemasaran tunggal dan pengalaman konsumen.
5)  Interactivity
Maksud dari interactivity yaitu adanya interaksi antara penjual dan pembeli dengan mudah yang dimana konsumen terlibat dalam dialog yang dinamis menyesuaikan pengalaman untuk individu dan konsumen menjadi peserta dalam proses pengiriman barang ke pasar.
6)  Information Density
Maksud dari information density yaitu kepadatan dalam peningkatan informasi secara besar yang dimana jumlah dan kualitas informasi yang tersedia untuk semua pelaku pasar dan efeknya itu transparansi harga yang lebih besar, transparansi biaya yang lebih besar, dan memungkinkan pedagang untuk terlibat dalam diskriminasi harga.
7)  Personalization / Customization
Maksud dari personalization / customization yaitu memungkinkan adanya modifikasi pesan dan barang dimana pesan tersebut dapat dikirim kepada individu maupun kelompok dan produk serta jasa dapat disesuaikan dengan preferensi individu.
8)  Social Technology
Maksud dari social technology yaitu dapat mempromosikan barang atau produk kepada pengguna generasi konten serta jaringan sosial dengan memanfaatkan teknologi dan dapat memungkinkan pembuatan konten pengguna serta distribusi dalam dukungan jaringan sosial. 

2. Sebutkan dan jelaskan tiga jenis utama e-commerce 
Jawaban : 

Tiga jenis utama e-commerce, antara lain yaitu : 

1)  Business-to-Consumer (B2C)
Business-to-Consumer (B2C), adalah perdagangan elektronik yang melibatkan penjualan retail produk dan jasa kepada konsumen individu. Contohnya yaitu BarnesandNoble.com, adalah website yang menjual buku, software, dan music kepada konsumen individu.
2)  Business-to-Business (B2B)
Business-to-Business (B2B), adalah perdagangan elektronik yang melibatkan penjualan barang dan jasa antara pebisnis. Contohnya yaitu ChemConnect’s adalah website untuk membeli dan menjual bahan kimia dan plastik.
3)  Consumer-to-Consumer (C2C)
Consumer-to-Consumer (C2C), adalah perdagangan elektronik yang melibatkan penjualan konsumen secara langsung kepada konsumen. Contohnya yaitu eBay adalah website pelelangan terbesar, memungkinkan orang-orang untuk menjual barang mereka kepada konsumen dengan melelang barang dagang mereka kepada penawar tertinggi atau untuk harga yang pas. 

3. Sebutkan model bisnis e-commerce
Jawaban : 

Model bisnis E-Commerce, antara lain yaitu :

1)  E-tailer
E-tailer, adalah menjual produk secara langsung kepada konsumen atau pebisnis individu atau merupakan toko penjualan retailer online yang datang dari berbagai ukuran, mulai dari retailer terbesar amazone hingga retailer lokal kecil yang memiliki website yang dimana pelanggan hanya perlu terhubung ke internet untuk melihat barang dagang mereka dan tempat pemesanan. Contohnya yaitu Amazone, dan RedEnvelope.com.
2)  Transaction Broker (Broker Transaksi)
Transaction broker (broker transaksi), adalah menghemat uang dan waktu dengan memproses transaksi penjualan online dan mengambil keuntungan komisi setiap kali transaksi terjadi. Contohnya yaitu Etrade.com, dan Expedia.
3)  Market Creator (Pencipta Pasar)
Market creator (pencipta pasar), adalah menyediakan lingkungan digital dimana pembeli dan penjual dapat bertemu, mencari produk, menampilkan produk, dan menentukan harga produk yang juga dapat melayani konsumen atau penjualan electronik B2B, dan mengambil keuntungan dari komisi transaksi. Contohnya yaitu eBay, dan Priceline.com.
4)  Content Provider (Penyedia Konten)
Content provider (penyedia konten), adalah membuat keuntungan dengan menyediakan konten digital, seperti berita, music, foto, atau video melalui web yang dimana pelanggan membayar untuk dapat mengakses konten, atau keuntungan mungkin dihasilkan dari penjualan tempat iklan. Contohnya yaitu iTunes.com, Games.com, WSJ.com, dan GettyImages.com.
5)  Community Provider
Community provider, adalah menyediakan tempat pertemuan online dimana orang-orang dengan minat yang sama dapat berkomunikasi dan menemukan informasi yang berguna. Contohnya yaitu Facebook, Google+, iVillage, dan Twitter.
6)  Portal (Pintu Gerbang)
Portal merupakan point awal (gateway) untuk memasuki web serta dengan konten khusus dan layanan lainnya, dan sering digambarkan sebagai situs dimana pengguna memakainya sebagai home page.  Contohnya yaitu Google, Bing, dan Yahoo.
7)  Service Provider (Penyedia Layanan)
Service provider (penyedia layanan), adalah menyediakan aplikasi web 2.0 seperti sharing foto, sharing video, dan keuntungan pengguna konten sebagai layanan dam juga menyediakan layanan lain seperti penyimpanan data online dan data backup. Contohnya yaitu Google Apps, Photobucket.com, dan Dropbox. 

4. Sebutkan model pendapatan e-commerce
Jawaban : 

Model Pendapatan E-Commerce, antara lain yaitu :

1)  Advertising Revenue Model (Periklanan)
Dalam model advertising revenue (periklanan), website mendapatkan keuntungan dengan menarik audience yang besar dari pengunjung yang kemudian dapat membuka iklan. Contohnya yaitu Yahoo.
2)  Sales Revenue Model (Penjualan)
Dalam model sales revenue (penjualan), perusahaan memperoleh keuntungan dengan menjual barang, informasi, atau layanan kepada konsumen. Contohnya yaitu Amazon, iTunes Store, dan Hulu.com.
3)  Subscription Revenue Model
Dalam model subscription revenue, website yang menawarkan konten atau biaya langganan layanan untuk mengakses beberapa atau semua dari konten yang ditawarkan secara terus menerus. Contohnya yaitu Match.com, Microsoft’s Xboxlive, dan Pandora.com.
4)  Free / Freemium Revenue Model
Dalam model free / freemium revenue, perusahaan meyediakan dasar layanan atau konten secara gratis, sementara mengenakan biaya premium untuk mempercepat proses fitur atau untuk mengakses fitur khusus. Contohnya yaitu Flckrs. 
5)  Transaction Fee Revenue Model (Biaya Transaksi)
Dalam model transaction fee revenue (biaya transaksi), perusahaan menerima komisi untuk memungkinkan pengguna melaksanakan transaksi. Contohnya yaitu eBay, dan E-Trade.
6)  Affiliate Revenue Model (Pergabungan / jadi member)
Dalam model Affiliate Revenue (Pergabungan / jadi member), website yang mengirim pengunjung ke website lain dengan memperoleh keuntungan dari penyerahan komisi atau persentase keuntungan dari berbagai hasil penjualan. Contohnya yaitu MyPoints. 


Artikel Terkait : 


E-Commerce Business and Technology

Sekian pengetahuan yang dapat saya berikan dan mohon maaf jika masih terdapat kekurangan ataupun kesalahan dalam blog saya ini, saya harap sahabat bisa memakluminya ya ehehehe.

Dan terima kasih sahabat atas kunjungannya di blog saya, semoga bermanfaat ! 


Wassalamu'alaikum Wr. Wb :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengelola Sistem Global

Tugas Sistem Informasi Manajemen Pertemuan Ke-15 Assalamu'alaikum Sahabat Blogger :) Untuk postingan kelima saya ini, saya ing...